Pages

Rabu, 09 Februari 2011

Bahaya rokok bagi kesehatan

Bahaya rokok bagi kesehatan - Rokok sigaret adalah semacam obat-obatan yang diproduksi dari daun tembakau, yang dip roses dengan materi-materi lain.

Mengapa orang merokok? Materi apa saja yang terkandung dalam rokok? Apakah menghisap rokok sigaret merupakan penyebab utama masalah kesehatan?

Pada umumnya, para perokok tidak percaya bahwa mengisap rokok apat merugikan kesehatan mereka. Mereka sering membantah bahwa orang yang bukan perokok pun dapat terkena kanker paru-paru. Mereka juga beranggapan bahwa merokok dalam beberapa tahun tidak akan berdampak pada kesehatannya.

Alasan orang-orang merokok :

* Kebanyakan para reamaja beranggapan bahwa itu merupakan symbol kedewasaan. Apalagi diperkuat oleh iklan perusaahn rokok yang memberi kesan kedewasaan, status social, kebahagiaan dan kesuksesan. Padahal survey menunjukkan bahwa ini dilakukan untuk menyembunyikan kelemahan mereka. Missal : kegagalan dalam belajar, atau olahraga.
* Ada juga yang disebabkan coba-coba sebab ia ingin merasakan hal tersebut. Dan sialnya, rokok juga mengandung zat yang bias membuat ketagihan sehingga ia sulit menghentikan merokok. Orang biasa merokok pada waktu tertentu. Missal : saat selesai makan, jika ia tidak merokok ada hal yang serasa kurang.
* Banyak juga yang merasa merokok penghilang kebosanan, defresi, meringankan ketegangan.

Dampak tidak merokok pada perook berat :

* Muncul rasa ingin merokok yang kuat
* Sulit tidur
* Mudah marah
* Mati rasa tangan dan kaki
* Tidak mampu berkonsentrasi dlam kegiatan
* Frekuensi batuk meningkat dari biasanya

Materi-materi yang terkandung dalam rokok.



Asap rokok mengandung kurang lebih 4.000 senyawa kimia yang kebanyakan berbahaya pada tubuh. Berikut senyawa yang ada pada asap rokok :

* Nikotin :senyawa kimia yang terdapat didalam tembakau yang mampu menumbulkan efek ketagihan. Nikotin bekerja merangsang otak sehingga ia merasa waspada., yang menyebabkan otak dan indra bekerja lambat. Nikotin menyebabkan dilepaskannya andrinalin, yang berakibat, denyutjantuk dan tekanan darah meningkat. Dan darah juga mudah membeku, sehingga mengakibatkan darah mudah terhalang, jika terjadi di arteri jantung, dapat menimbulkan serangan jantung. Jika terjadi di kapiler otak bias mengakibatkan serangan stroke.

* Karbon monoksida : peningkatan kadar CO sebanyak 1 % di udara dapat memberi pengaruh mematikan pada yang menghirup. Gas tersebut dapat bersifat membunuh dalam waktu 10 menit. Hal demikian disebabkan CO mampu menaruh efisiensi sel-sel darah merah transport O2. CO juga dapat meningkatkan timbunan substansi lemak pada dinding arteri. Yang menyebabkan resiko terkena Alerosklerosis. Dan CO memungkinkan terjadi penggumpalan darah yang semakin meningkat.

* Tar : merupakan substansi berwarna coklat, lengket dan biasa berakumilasi di paru-paru selama merokok. Mengandung banyak senyawa kimia penyebab kanker (Karsinogenik).



Mengakibatkan sel-se membekah secara abnormal saat sel-sel membelah menggantikan jaringan apitel paru-paru/membrane alveolus. Perbanyakan sel yang tidak terkontrol, mengakibatkan terjadi penumpukan sel, sehingga menutub alveolus. Kondisi demikian menyebabkan menurunnya eflesi proses pertukaran gas.

Selain senyawa-senyawa kimia tersebut juga mengandung senyawa sebagai berikut:
* Benzopiren
* Uretan
* Hodrogensinianida
* Amoniak
* Hidrokarbon
* CO2
* Oksida
* Nitrogen

Merokok merupakan penyebab utama kerusakan kesehatan sebab kandungan obat-obat yang berbahaya pada rokok yang sedikit tapi berdampak pada perokok maupun yang menghirup asap rokok.